PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN ROLE PLAYING DI TK ARUM PUSPITA TRIHARJO PANDAK BANTUL

Bella Dina, Arifa (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN ROLE PLAYING DI TK ARUM PUSPITA TRIHARJO PANDAK BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita ekspresif anak usia 5-6 tahun dengan role playing di TK Arum Puspita, Triharjo, Pandak, Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan bekerja sama dengan guru kelas. Subjek penelitian sebanyak 9 anak, yang terdiri 8 laki-laki dan 1 perempuan. Objek penelitian adalah keterampilan bercerita ekspresif dengan role playing. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara bertahap dengan role playing. Peningkatan keterampilan bercerita ekspresif lebih menekankan perkembangan non-kebahasaan anak yang meliputi pengekspresian, penggunaan gesture, kenyaringan suara, dan kelancaran dalam bercerita. Dalam pelaksanaan Pra Tindakan keterampilan anak dalam bercerita ekspresif mencapai 16,65%. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan masih dalam kriteria kurang berdasarkan pada indikator keberhasilan yang ditentukan. Pada Siklus I, pelaksanaan tindakan meningkat sebanyak 26,83% menjadi 43,48% dan berada pada kriteria cukup, sedangkan Siklus II mencapai 87,43%. Hasil pelaksanaan tindakan pada Siklus II berada pada kriteria sangat baik, sehingga keseluruhan peningkatan keterampilan bercerita ekspresif anak sejak pelaksanaan Pra Tindakan mencapai 70,78%. Pelaksanaan tindakan pada Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan kelas sehingga pelaksanaan penelitian dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bercerita ekspresif dapat ditingkatkan dengan role playing. Kata Kunci: keterampilan bercerita ekspresif, role playing, anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 31 Mar 2015 03:10
Last Modified: 29 Jan 2019 19:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13559

Actions (login required)

View Item View Item