Penggunaan Teks Tema Lokal untuk Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Pemahaman Membaca Teks-Teks Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Loksado Tahun Ajaran 2011/2012

Artani, Artani (2013) Penggunaan Teks Tema Lokal untuk Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Pemahaman Membaca Teks-Teks Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Loksado Tahun Ajaran 2011/2012. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-artani-10706259056.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan teks tema lokal dalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan pemahaman membaca. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dan subjeknya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Loksado tahun ajaran 2011/2012 dan guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Loksado. Langkah-langkah penelitian Kemis & Mc Taggart digunakan dalam penelitian ini, yang meliputi empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi minat baca, angket tertutup minat baca, angket terbuka minat baca, catatan lapangan, dan tes kemampuan pemahaman membaca. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui pengamatan, dan catatan lapangan, dan data kuantitatif diperoleh melalui hasil skor pre-test siswa, skor terhadap minat baca dan kemampuan pemahaman membaca, dan skor post-test siswa. Reliabilitas data diperoleh menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan memadukan hasil dari lembar observasi minat baca, catatan lapangan, angket minat baca tertutup, angket minat baca terbuka, dan hasil skor kemampuan pemahaman membaca siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Penelitian ini berhasil meningkatkan minat baca siswa. Peningkatan minat baca dapat dilihat dari hasil angket minat baca tertutup dan hasil observasi pada saat pratindakan, siklus I dan siklus II. Siswa yang kriteria minat bacanya minimal “baik” berdasarkan angket tertutup adalah 57,89% pada pratindakan, 89,47% pada siklus I, dan 89,47% pada siklus II. Siswa yang kriteria minat bacanya minimal “baik” berdasarkan hasil observasi adalah 26,30% pada pratindakan, 91,14% pada siklus I, dan 100% pada siklus II. (2) Penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Peningkatan kemampuan pemahaman membaca dapat dilihat dari perbandingan hasil tes kemampuan pemahaman membaca pada saat pratindakan, siklus I dan siklus II. Siswa yang kriteria kemampuan pemahaman membacanya minimal “cukup baik” adalah 31,58% pada pratindakan, 78,95% pada siklus I, dan 84,21% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teks tema lokal, minat baca, kemampuan pemahaman membaca, siklus
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 24 Nov 2022 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13552

Actions (login required)

View Item View Item