Pengembangan Model Permainan Rintangan (Handicap Games) untuk Latihan Kebugaran Jasmani Anak Usia 10-12 Tahun

Juniarta, Tonang (2013) Pengembangan Model Permainan Rintangan (Handicap Games) untuk Latihan Kebugaran Jasmani Anak Usia 10-12 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-tonang-juniarta.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan rintangan untuk latihan kebugaran jasmani anak usia 10-12 tahun, yang dapat digunakan guru olahraga dan pelatih sebagai salah satu bentuk model latihan pengembangan kebugaran jasmani melalui aktifitas bermain yang menantang dan menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan mengadaptasi model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall (1983), dengan tujuh tahap yaitu: (1) pengumpulan informasi lapangan, (2) analisis kebutuhan dari informasi yang dikumpulkan, (3) pengembangan produk awal, (4) validiasi ahli dan revisi, dan (5) ujicoba skala kecil dan revisi, (6) ujicoba skala besar, dan (7) pembuatan produk akhir. Ujicoba skala kecil dilakukan terhadap 40 anak usia 10-12 tahun di SD Negeri 1 Klaten. Ujicoba skala besar dilakukan terhadap 120 anak usia 10-12 tahun di SD Negeri 2 Klaten dan SD Negeri 4 Klaten. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi permainan, (4) pedoman observasi keefektifan permainan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskritif kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian ini berupa buku pedoman pelaksanaan model permainan rintangan untuk latihan kebugaran jasmani anak usia 10-12 tahun. Adapun permainan ini terdiri dari 11 variasi permainan rintangan yang dirangkai sedemikian rupa berdasarkan prinsip tumbuh kembang anak, teori bermain, dan teori latihan kebugaran jasmani. Model permainan rintangan dengan 11 variasi bentuk tersebut adalah: (a) berguling samping dilanjutkan dengan lari lurus sejauh 10 meter, (b) lari cepat berjarak 10 m melewati rintangan kardus yang disusun bervariasi, (c) merobohkan semua cone yang berada di dalam area, (d) berlari zig- zag melintasi rintangan cone, (e) berlari melintasi rintangan papan titian, (f) walking on the moon menggunakan papan titian, (g) berlari memindahkan bola dengan shuttle run membentuk angka delapan jarak 5 m melewati rintangan tiang pancang, (h) lompat satu kaki melewati lingkaran, (i) pole flying, (j) lari balok, dan (k) mengumpulkan cone dengan warna yang sesuai dengan petunjuk yang diterima. Dari hasil penilaian para ahli materi dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan rintangan yang dikembangkan sangat baik untuk latihan kebugaran jasmani anak usia 10-12 tahun sehingga model permainan layak digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan rintangan (handicap games), kebugaran jasmani usia 10-12 tahun
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 09 May 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13551

Actions (login required)

View Item View Item