Pengaruh Latihan Sirkuit terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani dan Ketepatan Membidik Panahan pada Anak Usia 10-12 Tahun

Susanto, Susanto (2013) Pengaruh Latihan Sirkuit terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani dan Ketepatan Membidik Panahan pada Anak Usia 10-12 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-susanto-10711251031.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan sirkuit terhadap peningkatan kebugaran jasmani dan ketepatan membidik panahan pada anak usia 10-12 tahun. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan two-group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data kebugaran jasmani menggunakan tes TKJI untuk usia 10-12 tahun dan data ketepatan dengan tes melepaskan anak panah ke sasaran. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Puro Pakualaman Yogyakarta yang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler Panahan berjumlah 20 siswa. Sampel sejumlah 20 siswa, ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh di mana semua populasi dijadikan sampel. Pengambilan data dilakukan sebelum dan sesudah latihan sirkuit dengan intensitas 70% sampai dengan 80%, frekuensi latihan tiga kali seminggu selama 12 sampai 24 kali latihan dengan durasi 25 sampai 30 menit. Data analisis menggunakan uji t, untuk mengetahui perbedaan variabel pada kelompok A dan kelompok B. Hasil analisis dinyatakan ada perbedaan jika nilai signifikan kurang dari 0,05 (p<0,05). Sebelum analisis data, dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas variat kelompok A dan kelompok B menggunakan uji Levene’s Test. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tidak terdapat peningkatan kebugaran jasmani pada kelompok putra maupun kelompok putri. (2) Terdapat peningkatan signifikan ketepatan membidik panahan pada kelompok putra dan kelompok putri. (3) Terdapat peningkatan rerata kebugaran jasmani dan ketepatan membidik panahan pada kelompok putra dan putri yang melakukan latihan sirkuit. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latihan sirkuit efektif untuk meningkatkan ketepatan membidik panahan pada anak usia 10-12 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: latihan sirkuit, kebugaran jasmani, ketepatan membidik panahan
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 09 May 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13550

Actions (login required)

View Item View Item