PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V MIS SIDOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

I'anatut, Tolibin (2015) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V MIS SIDOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V MIS Sidorejo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan bentuk desain statis dua kelompok. Variabel terikat kemampuan membaca pemahaman dan variabel bebasnya adalah strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIS Sidorejo tahun ajaran 2013/2014. Objek penelitian ini adalah efektivitas strategi DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data dengan membandingan hasil nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai rata-rata hasil belajar Pre test pada pada kelas kontrol 82,4 dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 84,7. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Post test pada kelas control 88 dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 91. Dari data tersebut, terlihat rata-rata kelas eksperimen baik pada rata-rata nilai Pre test maupun Post test lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V MIS Sidorejo tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 29 Jan 2019 19:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13539

Actions (login required)

View Item View Item