PENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) OUTDOOR PADA KELOMPOK A PAUD IT ZAID BIN TSABIT AMBARTAWANG, MUNGKID, MAGELANG

Syari’ati, Masyithoh (2015) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) OUTDOOR PADA KELOMPOK A PAUD IT ZAID BIN TSABIT AMBARTAWANG, MUNGKID, MAGELANG. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui Alat Permainan Edukatif (APE) outdoor pada kelompok A1 PAUD IT Zaid Bin Tsabit, Ambartawang, Mungkid, Magelang. Keterampilan motorik kasar yang ditingkatkan ialah keseimbangan, kelincahan, dan kekuatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 PAUD IT Zaid Bin Tsabit sebanyak 21 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 14 anak laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik kasar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik kasar yaitu keseimbangan, kelincahan, dan kekuatan dapat meningkat setelah diberikan tindakan dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) outdoor yaitu tali, penanda atau cone, dan tangga majemuk. Peningkatan dapat dilihat dari hasil observasi yaitu pada kondisi awal keseimbangan sebesar 19,05%, kelincahan sebesar 19,05%, dan kekuatan sebesar 14,29%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I mengalami peningkatan pada keseimbangan sebesar 66,66%, kelincahan sebesar 66,66%, dan kekuatan sebesar 71,43%. Pada tindakan Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu pada keseimbangan 95,24%, kelincahan 90,48%, dan kekuatan 86,71%. Hasil penelitian membuktikan bahwa Alat Permainan Edukatif (APE) outdoor dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar. Kata kunci: keterampilan motorik kasar, Alat Permainan Edukatif (APE) outdoor, kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 29 Jan 2019 19:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item View Item