EFEKTIVITAS METODE POSITIVE SELF TALK TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 KARANGANOM

Prilly Ana Widiyastuti, Prilly (2015) EFEKTIVITAS METODE POSITIVE SELF TALK TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 KARANGANOM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode positive self talk terhadap peningkatan kepercayaan diri pada siswa kelas VIII SMP N 4 Karanganom. Metode positive self talk sebagai variabel independent merupakan berbicara pada diri sendiri secara sadar dan sengaja dalam hal yang positif dan bersifat menguntungkan serta dapat memberikan kekuatan dan semangat pada dirinya untuk beraktifitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian berjumlah 200 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan ketentuan sampel penelitian memiliki skor rendah pada skala kepercayaan diri (X<130) dan diperoleh 16 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa skala kepercayaan diri yang telah melalui uji validasi dari expert judgement dan dinyatakan valid. Reliabilitas skala kepercayaan diri diuji menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefesien 0,945 menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis hipotesis menggunakan uji Wilcoxon melalui program SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian metode positive self talk efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa yang dilihat dari uji Wilcoxon pada hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan taraf signifikansi p = 0,012 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak. Pengaruh pemberian treatment tersebut bersifat positif yang ditunjukkan dari peningkatan rata-rata (mean) skor pada kelompok eksperimen dari 119,375 menjadi 139,375. Kata kunci: positive self talk, kepercayaan diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 29 Jan 2019 19:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13524

Actions (login required)

View Item View Item