MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE SQ3R SISWA KELAS III SD NEGERI DLINGO 2 BOYOLALI

Yunita Dwi, Listyanawati (2015) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE SQ3R SISWA KELAS III SD NEGERI DLINGO 2 BOYOLALI. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika materibangundatarmelalui metode SQ3R pada kelas III SD Negeri Dlingo 2 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Yakni penelitian tindakan kelas kolaboratif partisipatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Dlingo 2 Boyolali. Siswa di kelas ini berjumlah 17 terdiri dari 11 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitaif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R pada pembelajaran Matematika materi bangun datar dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri Dlingo 2 Boyolali. Pada tahap awal sebelum dilakukan tindakan, dari keseluruhan 17 siswa terdapat 5 siswa atau 29,41% yang berhasil mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 12 siswa atau 70,59% belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 64,12. Setelah tindakan siklus I terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 74,41 pada rentang skor 0-100, dengan7 siswa atau 41,18% siswa belum berhasil mencapai KKM dan 10 siswa atau 58,82% berhasil mencapai KKM. Selain itu rerata gain dari pratindakan ke siklus I meningkat 0,29. Setelah tindakan siklus II peningkatan berlanjut, nilai rata-rata kelas menjadi 80 dengan 3 siswa atau 17,65% siswa belum berhasil mencapai KKM dan 14 siswa atau 82,35% berhasil mencapai KKM. Rerata gain meningkat 0,03, dari 0,29 menjadi 0,31 yang berada dikategori sedang. Kata kunci: Metode SQ3R, Prestasi Belajar Matematika, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 29 Jan 2019 19:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item View Item