PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SMA NEGERI SE KABUPATEN BANTUL

Abiasa Tri Nugraha, Abiasa Tri Nugra (2015) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SMA NEGERI SE KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Abiasa OK.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Belum diketahuinya persepsi guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran menggunakan media gambar di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data dengan skala psikologi. Instrumen yang digunakan terlebih dahulu diuji coba dengan menggunakan perhitungan validitas dari Karl Pearson dengan bantuan program SPSS 16 dan menunjukkan bahwa 3 item dinyatakan gugur karena memiliki nilai r hitung kurang dari r tabel. Selain itu juga diuji reliabilitasnya dengan rumus alpha cronbach dan menunjukkan bahwa nilai alpha sebesar 0,965. Subyek penelitian ini adalah semua guru pendidikan jasmani di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 39 guru dari 18 SMA Negeri di Bantul. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran menggunakan media gambar di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul adalah 5 guru (12,82%) kategori sangat positif, 6 guru (15,38%) kategori positif, 18 guru (46,15%) kategori cukup positif 8 guru (20,51%) kategori kurang positif dan 2 guru (5,13%) kategori sangat kurang positif. Frekuensi terbanyak sebesar 46,15% yaitu pada kategori cukup positif.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 09601244099
Uncontrolled Keywords: persepsi, media gambar, pendidikan jasmani, sma negeri
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:05
Last Modified: 29 Jan 2019 19:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13504

Actions (login required)

View Item View Item