PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA MASYITHOH KALISOKA TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL

Irfatul, ‘Ulum (2015) PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA MASYITHOH KALISOKA TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak melalui permainan memancing angka di RA Masyithoh Kalisoka di Desa Triwidadi Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 20 anak. Obyek yang diteliti adalah pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep bilangan anak kelompok A melalui permainan memancing angka yakni pada saat sebelum dilaksanakan tindakan persentase pemahaman konsep bilangan anak adalah 49,58% dengan kriteria cukup dan setelah dilaksanakan tindakan pemahaman konsep bilangan anak meningkat menjadi 82,50% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan pemahaman konsep bilangan dilaksanakan dengan langkah 1) Guru menjelaskan pada anak-anak tentang permainan yang akan dilaksanakan; 2) Guru membagi anak menjadi kelompok, setiap kelompok terdiri dari 2 anak; 3) Anak pertama dalam satu kelompok diminta untuk memancing angka sesuai dengan perintah guru; 4) Selanjutnya, anak lain dalam kelompok tersebut diminta untuk memancing angka dengan jumlah sesuai dengan angka yang dipancing oleh anak pertama; 5) Minta anak untuk bergantian melakukan permainan tersebut; 6) Ajak anak untuk membandingkan jumlah benda yang telah dipancing; 7) Ajak anak untuk menceritakan tentang permainan yang telah dilaksanakan. Kata kunci: pemahaman konsep bilangan, permainan memancing angka, anak kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 19:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13478

Actions (login required)

View Item View Item