PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEDERHANA MELALUI PERCOBAAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK B3 TK ABA 02 CILACAP JAWA TENGAH

Umi, Hasanah (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEDERHANA MELALUI PERCOBAAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK B3 TK ABA 02 CILACAP JAWA TENGAH. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-UMI HASANAH-NIM 10111241024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep sederhana melalui percobaan sains pada anak Kelompok B3 TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 02 Cilacap Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Model penelitian yang digunakan adalah model action research spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 19 anak Kelompok B3 TK ABA 02 Cilacap, yang terdiri dari 13 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes lisan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, panduan tes lisan, Lembar Kerja Anak (LKA) 1, dan LKA 2. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep sederhana mencapai ≥7,50 dari jumlah anak secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan percobaan sains dapat meningkatkan pemahaman konsep sederhana. Pada ranah pengetahuan (mengingat) dengan panduan tes lisan dari Siklus I sampai dengan Siklus II skor rata-rata kemampuan yang diperoleh sebesar 5,90 meningkat menjadi 8,66. Begitu pula pada ranah memahami menggunakan teknik dokumentasi berupa LKA1 dan LKA 2. Pada LKA 1 skor rata-rata kemampuan yang diperoleh sebesar 4,66 meningkat menjadi 8,87. Hal serupa juga tejadi pada LKA 2 skor rata-rata kemampuan yang diperoleh sebesar 7,58 meningkat menjadi 9,58. Adapun langkah-langkah pelaksanaan antara lain mempersiapkan alat dan bahan untuk proses pembelajaran agar percobaan berjalan dengan lancar, memberikan persoalan kepada anak dan meminta anak untuk memprediksi mengenai hasil percobaan yang akan dilakukan, memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan pengamatan melalui praktik langsung, mengajak anak untuk menceritakan bagaimana proses percobaan. berdiskusi dan mengambil kesimpulan dengan anak mengenai percobaan yang telah dilakukan, mengevaluasi dan konfirmasi mengenai pemahaman konsep yang telah diajarkan. Kata kunci: pemahaman konsep, percobaan sains, anak usia dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 02:13
Last Modified: 29 Jan 2019 19:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13477

Actions (login required)

View Item View Item