PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SE-KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA

Atik, Wartini (2015) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SE-KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Atik Wartini NIM 10111241007.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk anak usia 4-6 tahun di TK ABA se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan karena peneliti berasumsi bahwa metode pembelajaran PAI yang digunakan sudah variatif dan sesuai dengan karakteristik anak usia 4-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, anak dan kepala sekolah TK ABA se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran PAI untuk anak usia 4-6 tahun di TK ABA se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. Penelitin ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi dan teknik penelitian survai. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskripsi kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK ABA se-Kecamatan Kraton Yogyakarta menggunakan metode pembelajaran PAI untuk anak usia 4-6 tahun dengan menggunakan metode karya wisata, metode bercakap-cakap, metode demonstrasi, metode cerita dan metode bernyanyi. Penggunaan metode pembelajaran PAI dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu (1) pendidik menentukan tema dan tujuan pembelajaran, (2) pendidik meyiapkan alat/ bahan pembelajaran, (3) pendidik menarik minat anak dalam belajar, (4) pendidik menentukan rancangan evaluasi pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran PAI terdapat keunggulan dan kelemahan dari masing-masing metode yang digunakan. Secara umum keunggulannya, yaitu dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak seperti nilai moral dan agama dan sosial emosional anak, serta memberikan pengalaman belajar konkrit dan praktis agar anak terampil dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum kelemahannya yaitu terdapat anak yang tidak aktif dalam pembelajaran dan pendidik belum disiplin merekap penilaian perkembangan anak. Tetapi, kelemahan metode pembelajaran dapat dijadikan sebagai keunggulan metode dengan perencanaan pembelajaran yang baik. Kata kunci : metode pembelajaran, pembelajaran PAI, anak usia 4-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 02:13
Last Modified: 29 Jan 2019 19:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item