PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUSDAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUIKEGIATAN MELIPAT KERTAS DI TK NASIONAL SAMIRONO KELOMPOK A

Aningsih (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUSDAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUIKEGIATAN MELIPAT KERTAS DI TK NASIONAL SAMIRONO KELOMPOK A. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Aningsih .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan motivasi belajar anak melalui kegiatan melipat kertas pada Kelompok A di Taman Kanak-kanak Nasional Samirono. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah 19 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan pada kelompok A di TK Nasional Samirono. Objek penelitian adalah kegiatan melipat kertas.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan keterampilan motorik halus sebelum tindakan ke Siklus I meningkat sebesar 17,2% dan dari Siklus I ke Siklus II meningkat sebesar 19,2%. Sedangkan peningkatan motivasi belajar anak sebelum tindakan ke Siklus I meningkat sebesar 12,9% dan dari Siklus I ke Siklus II meningkat sebesar 25,1%. Cara peningkatan keterampilan motorik halus dan motivasi belajar dilakukan melalui kegiatan melipat kertas, sebagai berikut: (1) menyiapkan media kegiatan melipat kertas yang akan digunakan, (2) memperkenalkan media melipat kertas dalam pembelajaran, (3) memberikan contoh cara melipat kertas yang tepat dan rapi, (4) membagikan kertas lipat kepada masing-masing anak, (5) anak diperkenankan melipat kertas sesuai dengan contoh yang telah diberikan oleh guru 1-6 lipatan, (6)gurumemberikanmotivasidanrewardkepadaanakberupa “tanda bintang” sehingga diharapkananaklebihsemangat dan gigih. . Kata kunci: keterampilan motorik halus, motivasi belajar, melipat kertas, kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 02:13
Last Modified: 29 Jan 2019 19:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13468

Actions (login required)

View Item View Item