MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABCD-ABCD MELALUI PRAKTEK LANGSUNG DI KELOMPOK B TK PERTIWI 54 TERUMAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Setyawati, Rahayu (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA ABCD-ABCD MELALUI PRAKTEK LANGSUNG DI KELOMPOK B TK PERTIWI 54 TERUMAN, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Setyawati Rahayu_10111241009.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal pola ABCD-ABCD melalui praktek langsung di Kelompok B TK Pertiwi 54 Teruman. Kemampuan mengenal pola pada penelitian ini difokuskan pada kemampuan mengenal pola berulang berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah 25 anak kelompok B TK Pertiwi 54 Teruman yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal pola ABCD-ABCD melalui praktek langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal pola ABCD-ABCD dapat meningkat. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya kemampuan anak untuk mengenal pola AB-AB berdasarkan persentase hasil observasi skor kemampuan anak dalam satu kelas pada kondisi pra tindakan diperoleh 89% pada kriteria warna, 89% pada kriteria bentuk, dan 88% pada kriteria ukuran. Pada siklus I ditingkatkan dari pola AB-AB ke pola ABC-ABC, kemudian ditingkatkan ke pola ABCD-ABCD pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh pada siklus I & II menunjukkan persentase pada kriteria warna sebesar 83% menjadi 88%, pada kriteria bentuk dari 87% menjadi 89%, dan pada kriteria ukuran dari 84% menjadi 89%. Sedangkan berdasarkan persentase hasil penilaian dari skor kemampuan anak dalam satu kelas menggunakan portofolio pada siklus I & II diperoleh hasil pada kriteria warna sebesar 86% hasilnya sama seperti pada siklus II. Pada kriteria bentuk menunjukkan persentase sebesar 88% meningkat menjadi 91%. Sedangkan pada kriteria ukuran, menunjukkan persentase sebesar 87% meningkat menjadi 91%. Cara penerapan praktek langsung pada penelitian ini yaitu guru menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan serta menjelaskannya; media yang digunakan pada setiap pola penyusunan pola tidak menggunakan media yang sama; anak-anak menyusun pola dari yang sederhana ke yang lebih kompleks, yaitu dari pola AB-AB, ABC-ABC, hingga ke pola ABCD-ABCD. Kata Kunci : kemampuan anak, pola ABCD-ABCD, praktek langsung

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 02:13
Last Modified: 29 Jan 2019 19:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13467

Actions (login required)

View Item View Item