Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Draping Berbantuan Video di Perguruan Tinggi

Widjiningsih, Widjiningsih (2013) Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Draping Berbantuan Video di Perguruan Tinggi. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-widjiningsih-08702261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan model pembelajaran teknik draping untuk perguruan tinggi, (2) menghasilkan perangkat Model PTDBV yang dapat digunakan di perguruan tinggi, (3) menghasilkan model pembelajaran teknik draping yang memenuhi kategori valid untuk dipergunakan di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Tahapan pengembangan menggunakan Borg & Gall, yang dimodifikasi menjadi enam langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data awal, (2) pembuatan produk awal, (3) ujicoba awal, (4) perbaikan produk awal, (5) ujicoba lapangan, dan (6) perbaikan produk operasional. Produk awal yang dihasilkan diujicoba awal/validasi oleh pakar teknologi pembelajaran, pakar media pembelajaran, pakar evaluasi, dan pakar materi. Ujicoba lapangan dilakukan dua kali, yaitu uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar, yang dalam pelaksanaannya melibatkan dua orang pengamat, dosen pengajar dan mahasiswa. Untuk mengukur kesepahaman antar penilai terhadap hasil penilaian digunakan percentage of agreement, dan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik UNY, dan dosen pengajar mata kuliah Teknik Draping. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pengembangan Model PTDBV mengikuti enam langkah, dan diperoleh model dengan pendekatan CTL, serta dapat diterapkan pada pembelajaran teknik draping di Prodi Pendidikan Teknik Busana Jurusan PTBB, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta; (2) perangkat model yang dhasilkan meliputi buku model, buku panduan model, perangkat pembelajaran (RPP, job sheet dalam bentuk buku, video dalam bentuk CD, dan lembar penilaian unjuk kerja beserta rubriknya); (3) validitas model berada pada kategori valid (3,61), yaitu model pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan spesifikasi poduk yang telah ditetapkan, baik dari aspek efektifitas dan efisiensi, maupun dari aspek kepraktisan, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, Model PTDBV, Teknik Draping
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 15:12
Last Modified: 21 Sep 2022 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item View Item