Nurbudiyani, Iin (2013) Model Pembelajaran Kewirausahaan dengan Media Koperasi Sekolah di SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen Kota Palangkaraya. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-iin-nurbudiyani-09702261005.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan: (1) model pembelajaran Kwu-Kop yang dapat membentuk keterampilan kewirausahaan siswa SMK; (2) perangkat model pembelajaran Kwu-Kop yang dapat dipergunakan di SMK; (3) model pembelajaran Kwu-Kop yang memenuhi kriteria valid dan efektif untuk dipergunakan di SMK; dan (4) model pembelajaran Kwu-Kop yang dapat dilaksanakan dan berfungsi dengan baik untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan pengembangan terdiri dari empat tahap yaitu: (1) tahap investigasi, (2) tahap perancangan, (3) tahap realisasi, dan (4) tahap evaluasi dengan kegiatan: validasi, ujicoba dan revisi. Produk yang dihasilkan dari tahapan-tahapan tersebut divalidasi oleh ahli materi dan ahli pendidikan. Penilaian dilakukan sebanyak dua kali, yaitu: (1) ujicoba terbatas, dan (2) setelah itu ujicoba terbatas. Dalam ujicoba terbatas, penilaian dilakukan oleh pakar pendidikan kewirausahaan dan pakar penelitian dan evaluasi pendidikan. Setelah ujicoba terbatas dan ujicoba diperluas, penilaian dilakukan oleh guru kewirausahaan sebagai praktisi lapangan. Tingkat kesepakatan antar penilai terhadap hasil penilaian oleh para ahli dianalisis dengan statistik Coefficient Cohen’s Kappa dan Percentage of Agreement (PA). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII dan guru kewirausahaan, yang berasal dari tiga SMK yaitu: SMKN-2 Palangkaraya, SMK YPSEI Palangkaraya, dan SMK Isen Mulang Palangkaraya. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Koperasi SMK mengalami perkembangan baik dari segi permodalan, jenis usaha maupun pelayanannya. (2) Pembelajaran kewirausahaan SMK menggunakan KTSP dan cenderung teoritis. (3) Pengembangan model pembelajaran Kwu-Kop terbagi dalam dua kegiatan, yaitu: (a) pra-pengembangan, meliputi tahap investigasi, tahap perancangan, tahap realisasi; dan (b) pengembangan, meliputi tahap evaluasi, dengan kegiatan validasi, ujicoba dan revisi, sehingga model fit secara teoritis dan secara empiris. (4) Perangkat model yang dihasilkan adalah buku panduan model pembelajaran Kwu-Kop lengkap dengan perangkatnya (RPP, modul pembelajaran, job sheet dan alat evaluasi). (5) Model yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dan efektif untuk dipergunakan di SMK. (6) Respon siswa dan guru terhadap model positif dan secara objektiv siswa dan guru mengatakan bahwa model pembelajaran Kwu- Kop ini efektif untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa SMK. (7) Model pembelajaran Kwu-Kop dapat dilaksanakan dan berfungsi dengan baik untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa SMK.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, kewirausahaan, SMK kelompok bisnis dan manajemen, koperasi sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 07:07 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 02:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13455 |
Actions (login required)
View Item |