Pengembangan Model Uji Kompetensi dan Sertifikasi Internasional Jaringan Komputer Siswa SMK

Suswanto, Hary (2013) Pengembangan Model Uji Kompetensi dan Sertifikasi Internasional Jaringan Komputer Siswa SMK. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-hary-suswanto-09702261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model uji kompetensi dan sertifikasi internasional jaringan komputer siswa dengan mengintegrasikan uji kompetensi kognitif dan kompetensi psikomotorik. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan uji sertifikasi yang sudah ada, proses pengembangan, tingkat validitas, efisiensi, dan keefektifan kelayakan model, serta pengaruh penggunaan model pada mata pelajaran jaringan komputer terhadap kemampuan kognitif dan minat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D), dengan menggunakan model pengembangan konseptual dan prosedural yang mengacu pada Borg and Gall. Subjek coba penelitian ini adalah siswa kelas XII semester 5 Program Studi Teknik Komputer Jaringan. Uji coba operasional lapangan dilakukan di SMK Negeri 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan dan SMK Negeri 2 Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro menggunakan metode quasi experimental. Data dikumpulkan melalui nilai pretest dan posttest model dikotomis dan angket model Likert dengan empat skala. Uji validitas dan reliabilitas instrumen terhadap kemampuan kognitif dan minat siswa menggunakan expert judgement, Pearson correlation, dan alpha Cronbach. Analisa yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji t (t-test). Hasil uji coba terhadap perangkat model oleh ahli menunjukkan hasil yang layak untuk digunakan, hal ini terlihat dari skor rerata modul 92,67% dan job sheet 94,65% dengan indikator-indikator kelayakan penggunaan perangkat model. Berdasarkan hasil uji coba operasional lapangan disimpulkan bahwa: (1) nilai pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol sama secara signifikan (p  0,05) artinya siswa memiliki tingkat kemampuan dan relevansi yang sama terhadap sifat atau karakteristik yang dikehendaki; (2) nilai pretest dan nilai posttest kelas eksperimen berbeda secara signifikan (p  0,05) artinya siswa memiliki tingkat kemampuan akhir yang berbeda dan sangat efisien; (3) nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan (p  0,05) artinya siswa memiliki tingkat kemampuan akhir yang berbeda sehingga terbukti efektif; (4) hasil nilai rerata kemampuan aktif siswa: kognitif 74,58; afektif 73,00; dan psikomotorik 75,50; (5) sikap siswa terhadap proses uji sertifikasi dinilai positif, terlihat: 30% sangat positif, 50% positif, dan 20% ragu-ragu; (6) sikap siswa terhadap materi uji sertifikasi dinilai positif, terlihat: 30% sangat positif, 60% positif, 5% ragu-ragu, dan 5% negatif; dan (7) sikap siswa terhadap instruktur/guru uji sertifikasi dinilai positif, terlihat: 25% sangat positif, 55% positif, dan 20% ragu-ragu.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan model, uji kompetensi dan sertifikasi, jaringan komputer
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 07:07
Last Modified: 19 Sep 2022 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13454

Actions (login required)

View Item View Item