Pengembangan Media Pembelajaran Teori Kelistrikan Otomotif Berbasis Komputer

Widjanarko, Dwi (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Teori Kelistrikan Otomotif Berbasis Komputer. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-dwi-widjanarko-09702261002.swf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran kelistrikan otomotif berbasis komputer yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis; (2) mengembangkan tahapan pembelajaran kelistrikan otomotif berbasis komputer yang memenuhi kriteria valid dan praktis; (3) mengetahui respon dosen dan mahasiswa terhadap pembelajaran kelistrikan otomotif berbasis komputer. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan 10 langkah berikut: (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan rancangan produk awal, (4) pengujian lapangan produk awal, (5) revisi produk utama, (6) pengujian lapangan utama, (7) revisi produk operasional, (8) pengujian lapangan produk operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Produk penelitian divalidasi oleh para pakar dan guru-guru SMK dengan bidang keahlian otomotif melalui focus group discussion (FGD), dan uji coba lapangan dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Unnes dan UNY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran kelistrikan otomotif yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari sisi substansi karena rata-rata penilaian validator adalah 4,45 (skor maksimal 5) dan berada pada kriteria valid antara 4,23 sampai 4,68; (2) media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari sisi operasional media karena rata-rata penilaian validator adalah 4,32 (skor maksimal 5) dan berada pada kriteria valid antara 4,05 sampai 4,58; (3) media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif karena terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan setelah penerapan media dengan rata-rata peningkatan mencapai 77,36% pada uji coba diperluas; (4) media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan tingkat kepraktisan mencapai 89,2% (menurut pakar), dan 80,8% (menurut mahasiswa); (5) tahapan pembelajaran kelistrikan otomotif berbasis komputer yang dikembangkan memenuhi kriteria valid karena rata-rata penilaian 4,53 (skor maksimal 5) dan berada pada kriteria valid antara 4,28 sampai 4,78; (6) tahapan pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan tingkat keterlaksanaan pembelajaran mencapai 82,8% pada uji coba diperluas; (7) penerapan pembelajaran berbasis komputer mendapat respon yang baik dari dosen kelistrikan otomotif dengan rata-rata penilaian 4,75 (skor maksimal 5) dan berada pada kriteria baik antara 4,52 sampai 4,97; dan (8) penerapan pembelajaran mendapat respon yang baik dari mahasiswa calon guru otomotif dengan rata-rata penilaian 3,96 (skor maksimal 5) dalam kriteria baik antara 3,59 sampai 4,33 pada uji coba diperluas. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran kelistrikan otomotif berbasis komputer yang dikembangkan dapat digunakan untuk pembelajaran kelistrikan otomotif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, kelistrikan otomotif, pembelajaran berbasis komputer
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 07:07
Last Modified: 09 May 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13453

Actions (login required)

View Item View Item