Hermawan, Arief (2013) Faktor-Faktor Penentu Penerimaan Pengguna Teknologi Informasi pada Staf Pengajar Program Vokasi Universitas Teknologi Yogyakarta. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-arief-hermawan-07702261003.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang cepat mengharuskan staf pengajar program vokasi untuk menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pola penggunaan teknologi informasi staf pengajar dalam proses pengajaran yang dilakukannya; (2) membuktikan apakah kegunaan yang dirasakan, kemudahan yang dirasakan, motivasi eksternal, keyakinan diri menjadi variabel penentu dalam penerimaan pengguna teknologi informasi staf pengajar; (3) menguji pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja staf pengajar; (4) menemukan besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung variabel-variabel penentu dalam model penerimaan pengguna teknologi informasi staf pengajar Program Vokasi UTY. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Penelitian ini dilaksanakan di UTY. Responden dalam penelitian ini berjumlah 115 orang, yaitu semua staf pengajar program vokasi UTY. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Validasi isi dilakukan dengan expert judgement. Validasi konstruk dihitung dengan korelasi Pearson dan reliabilitas ditentukan dengan rumus Cronbach alpha. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil-Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Staf pengajar program vokasi UTY belum sepenuhnya menggunakan teknologi informasi untuk pengajaran yang dilakukannya, dan tingkat penggunaan teknologi informasi diurutkan berdasarkan banyaknya staf yang menggunakannya adalah; untuk: presentasi di kelas, melakukan komunikasi dengan mahasiswa, meningkatkan materi pembelajaran, dan memberikan quiz, tugas dan pengumuman secara online. (2) Ada tiga variabel penentu penerimaan pengguna teknologi informasi bagi staf pengajar program vokasi UTY, yaitu kegunaan yang dirasakan, keyakinan diri, dan ketersediaan fasilitas. (3) Dalam penelitian ini tidak ditemukan adanya pengaruh variabel penggunaan teknologi informasi terhadap variabel kinerja. (4) Model hubungan struktural penerimaan pengguna teknologi informasi staf pengajar program vokasi UTY ditunjukkan oleh adanya pengaruh tidak langsung (indirect effect) dari variabel kemudahan yang dirasakan terhadap variabel penggunaan teknologi informasi melalui variabel kegunaan yang dirasakan. Hasil ini memberi makna bahwa penerimaan pengguna teknologi informasi staf pengajar program vokasi UTY tidak dapat dipandang sebagai pengaruh langsung dari variabel kegunaan yang dirasakan, keyakinan diri dan ketersediaan fasilitas, tetapi harus dilihat sebagai pengaruh bersama-sama melalui variabel kemudahan yang dirasakan. (5) Model yang dihasilkan dalam penelitian ini dikategorikan baik, karena terdapat empat kriteria goodness of fit index yang menunjukkan kecocokan yang baik, yaitu RMSEA, ECVI, AIC dan CAIC
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor-faktor penentu, penerimaan pengguna, teknologi informasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 07:07 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 01:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13451 |
Actions (login required)
View Item |