STUDI KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN SATU, DUA DAN TIGA KATEGORI (WARNA, BENTUK DAN UKURAN) PADA KELOMPOK B TK GUGUS II KECAMATAN KRETEK,BANTUL, YOGYAKARTA

Ni’mawati, Anggraeni (2015) STUDI KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN SATU, DUA DAN TIGA KATEGORI (WARNA, BENTUK DAN UKURAN) PADA KELOMPOK B TK GUGUS II KECAMATAN KRETEK,BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengklasifikasikan benda berdasarkan satu, dua dan tiga kategori (warna, bentuk dan ukuran) pada kelompok B TK Gugus II Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Mengklasifikasikan benda dalam penelitian ini adalah mengklasifikasikan kepingan geometri dengan warna, bentuk, dan ukuran yang sama. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Gugus II Kecamatan Kretek, Bantul yakni sebanyak 4 TK. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 86 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan tes lisan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengklasifikasikan benda berdasarkan tiga kategori pada anak kelompok B TK Gugus II Kecamatan Kretek Bantul adalah berkembang dengan sangat baik, yaitu dengan rerata nilai klasifikasi benda berdasarkan satu kategori sebesar 100, rerata nilai klasifikasi benda berdasarkan dua kategori sebesar 97, dan rerata nilai klasifikasi benda berdasarkan tiga kategori sebesar 92,5. Kata kunci: klasifikasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13450

Actions (login required)

View Item View Item