Pengembangan Model Tugas Akhir Berbasis Self-Regulated Learning dengan Pendekatan Proyek pada D3 Teknik Sipil

Arfandi, Anas (2013) Pengembangan Model Tugas Akhir Berbasis Self-Regulated Learning dengan Pendekatan Proyek pada D3 Teknik Sipil. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-anas-arfandi-09702261014.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memberikan informasi tentang pelaksanaan penulisan Tugas Akhir (TA) Diploma Tiga (D3) Teknik Sipil (TS) saat ini; (2) menghasilkan model tugas akhir berbasis self-regulated learning (MTA-SRL) dengan pendekatan proyek pada D3 TS; (3) menjelaskan peran pembimbing dalam membantu mahasiswa menerapkan SRL pada penulisan TA; (4) mendapatkan gambaran peran mahasiswa dalam menerapkan SRL pada penulisan TA; dan (5) mendeskripsikan pencapaian technical skills dan employability skills mahasiswa D3 TS setelah menerapkan MTA-SRL dengan pendekatan proyek pada penulisan TA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadopsi model prosedural Borg & Gall. Prosedur yang dilakukan dibagi ke dalam dua kelompok utama, yaitu kegiatan penelitian dan kegiatan pengembangan. Kegiatan penelitian adalah untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai produk yang akan dikembangkan, sedangkan kegiatan pengembangan adalah untuk memvalidasi produk yang dikembangkan melalui FGD, ujicoba terbatas, dan ujicoba diperluas. Penelitian dilaksanakan di Program Studi D3 TS, FT UNM dan D3 TS, Politeknik Negeri Ujung Pandang. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah TA dan dosen pembimbing TA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembimbingan yang ada selama ini belum optimal dalam mendorong mahasiswa mencapai kompetensi; (2) MTA-SRL terdiri atas tiga komponen utama yakni mahasiswa yang menerapkan SRL, pembimbing mahasiswa, dan kompetensi yang akan dicapai; (3) MTA-SRL memenuhi kriteria praktis yang diukur dari persepsi mahasiswa dan dosen dalam menyelesaikan TA; (4) MTA-SRL memenuhi kriteria efektif yang diukur melalui self-assesment dari mahasiswa dan dosen pembimbing yang menerapkan model; (5) pembimbing sangat berperan dalam membantu mahasiswa menerapkan SRL melalui tahapan pemikiran, monitoring, pengendalian, dan refleksi; (6) mahasiswa berperan cukup baik dalam menerapkan SRL pada penyusunan TA terutama pada tahap pengendalian dan refleksi; (7) technical skills mahasiswa D3 TS setelah melaksanakan MTA-SRL berada dalam kategori sangat baik yang diukur melalui seminar proposal, seminar hasil, dan ujian TA; (8) employability skills mahasiswa D3 TS setelah melaksanakan MTA-SRL berada dalam kategori sangat baik

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model tugas akhir, self-regulated learning, keterampilan teknis, keterampilan bekerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 09 May 2019 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13446

Actions (login required)

View Item View Item