UPAYA MENGATASI MUNCULNYA TINGKAH LAKU AGRESIF ANAK MELALUI MENDENGARKAN CERITA DI KELOMPOK B TK ABA TEGAL DOMBAN TEMPEL SLEMAN

Erlina Tri, Ratna Dewi (2015) UPAYA MENGATASI MUNCULNYA TINGKAH LAKU AGRESIF ANAK MELALUI MENDENGARKAN CERITA DI KELOMPOK B TK ABA TEGAL DOMBAN TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Erlina Tri Ratna Dewi_09111241032.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tingkah laku agresif adalah suatu tingkah laku menyerang baik yang dilakukan secara lisan atau non verbal maupun melakukan suatu ancaman yang digunakan sebagai pernyataan adanya rasa permusuhan. Jika dibiarkan begitu saja, akan menjadi juvenile delinquency yaitu tingkah laku khas kenakalan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi munculnya tingkah laku agresif melalui mendengarkan cerita pada anak Kelompok B di TK ABA Tegal Domban, kecamatan Tempel, kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 27 anak Kelompok B2 di TK ABA Tegal Domban. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknis analisis data adalah deskriptif kualitatif dan persentase kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian tercapai apabila kurang dari 20% anak dalam kelompok B2 yang masih melakukan tingkah laku agresif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan tingkah laku agresif kurang dari 20%. Pada tahap Pratindakan tingkah laku agresif anak mencapai 40,74%, menurun menjadi 33,33% pada Siklus I, dan menjadi 7,41% pada Siklus II. Langkah-langkah penelitian yang dapat mengatasi munculnya tingkah laku agresif pada anak Kelompok B adalah: 1) Guru menggunakan boneka tangan sebagai alat bercerita; 2) guru menggunakan intonasi yang berbeda di setiap tokoh; 3) guru menggunakan tokoh perbandingan agar anak bisa memilih tokoh panutan; 4) menggunakan cara-cara bertutur yang dapat mempengaruhi perasaan anak; 5) memberikan contoh yang terjadi di sekitar anak; 6) guru memberikan hadiah agar anak lebih tertarik mendengarkan cerita; 7) memberikan pujian kepada anak yang tidak melakukan tingkah laku agresif dan anak yang mengurangi tingkah laku agresif; dan 8) guru meminta anak berjanji untuk tidak melakukannya lagi. Kata kunci: tingkah laku agresif, cerita, Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13445

Actions (login required)

View Item View Item