Novi, Hadsari (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN SAINS MELALUI MEDIA GRAFIS PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA BALERANTE SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
novihadsari.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan melalui media grafis pada anak kelompok B TK ABA Balerante Sleman Yogyakarta. Hal ini dikarenakan keterampilan mengomunikasikan yang belum terlatih dengan baik dan anak belum diberi kesempatan terlibat langsung dalam percobaan sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B sejumlah 18 anak yaitu 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes lisan, LKA, dan hasil karya anak. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengomunikasikan sains anak kelompok B TK ABA Balerante Sleman Yogyakarta. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 75%. Sebelum tindakan persentase rata-rata kelas mencapai 42,34% dengan kriteria kurang, meningkat pada siklus I sebesar 64,00% dengan kriteria cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 83,93% dengan kriteria baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media grafis dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan sains pada anak TK. Kata kunci : keterampilan mengomunikasikan, media grafis, anak usia dini
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 06:55 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13443 |
Actions (login required)
View Item |