PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK QUIZ TEAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAKEM 1 PAKEM SLEMAN

Shinta, Puspitasari (2015) PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK QUIZ TEAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAKEM 1 PAKEM SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SHINTA PUSPITASARI FIX.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui metode pembelajaran aktif tipe quiz team pada siswa kelas V SD Negeri Pakem 1 Pakem Sleman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pakem 1 Pakem Sleman yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) observasi, 2) skala minat belajar IPS. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran aktif teknik quiz team dapat meningkatkan minat belajar IPS pada siswa ditinjau dari aktivitas guru dan aktivitas siswa. Kondisi awal ditemukan permasalahan minat belajar IPS rendah diperkuat dengan dilakukannya pemberian skala minat belajar IPS pada siswa diperoleh persentase pencapaian skala minat belajar IPS pada pra siklus menunjukkan skor sebesar 31% (kategori rendah). Peningkatan terlihat dari aktivitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran aktif teknik quiz team sudah sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa dapat dilihat dari semangat dan antusias siswa yang sangat baik dalam kegiatan metode pembelajaran aktif teknik quiz team. Selain itu, persentase pencapaian skala minat belajar IPS pada pra siklus menunjukkan skor sebesar 31% (kategori rendah). Peningkatan terjadi pada siklus 1 meningkat sebesar 27%, kondisi awal 31% meningkat menjadi 58% (kategori sedang) maka skor belum memenuhi 75% dari jumlah siswa mencapai skor sebesar ≥75% (kategori tinggi) sehingga tindakan dilanjutkan. Pada siklus II meningkat sebesar 50%, kondisi awal 58% meningkat menjadi 81% maka skor sudah memenuhi 75% dari jumlah siswa mencapai skor sebesar ≥75% (kategori tinggi) sehingga tindakan berhasil. Kata kunci: metode pembelajaran aktif, teknik quiz team, minat belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13442

Actions (login required)

View Item View Item