Implementasi Pendidikan Politik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Guna Pengembangan Budaya Demokratis di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul

Rini Rohmawati, Rini Rohmawati (2012) Implementasi Pendidikan Politik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Guna Pengembangan Budaya Demokratis di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul. S1 thesis, FIS.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 08401241030.swf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full 08401241030.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pemahaman guru PKn tentang PKn sebagai pendidikan politik; 2) pemahaman guru PKn tentang budaya demokrasi; 3) implementasi PKn sebagai pendidikan politik dalam perencanaan proses pembelajaran; 4) implementasi PKn sebagai pendidikan politik dalam pelaksanaan proses pembelajaran; dan 5) implementasi penilaian hasil pembelajaran PKn sebagai pendidikan politik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PKn di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 43 guru. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2012 sampai Juni 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi: tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Corelation Product Moment dan uji reliabilitas instrumen untuk tes pemahaman guru PKn tentang PKn sebagai pendidikan politik dan pemahaman guru PKn tentang budaya demokrasi menggunakan rumus KR-20, sedangkan uji reliabilitas instrumen untuk angket implementasi pendidikan politik dalam pembelajaran PKn guna pengembangan budaya demokratis dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk tabel frekuensi dan persentase untuk setiap indikator dan dimensi implementasi pendidikan politik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan guna pengembangan budaya demokratis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pemahaman guru PKn tentang PKn sebagai pendidikan politik, sebagian besar guru PKn termasuk dalam kategori tinggi, yaitu sebanyak 22 guru (51,2%); 2) pemahaman guru PKn tentang budaya demokrasi, sebagian besar guru PKn termasuk dalam kategori sedang, yaitu sebanyak 30 guru (69,8%); 3) implementasi PKn sebagai pendidikan politik dalam perencanaan proses pembelajaran menunjukkan bahwa sebagian besar guru PKn berada pada kategori tinggi, yaitu sebanyak 20 guru (46,5%); 4) implementasi PKn sebagai pendidikan politik dalam pelaksanaan proses pembelajaran menunjukkan bahwa sebagian besar guru PKn berada pada kategori sedang, yaitu sebanyak 18 guru (41,9%); dan 5) implementasi penilaian hasil pembelajaran PKn sebagai pendidikan politik menunjukkan bahwa sebagian besar guru PKn berada pada kategori sedang, yaitu sebanyak 35 guru (81,4%). Kata Kunci: Pendidikan Politik, Pembelajaran PKn, Budaya Demokratis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Politik
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 29 Jan 2019 19:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13441

Actions (login required)

View Item View Item