MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK SPUIT PADA ANAK KELOMPOK BTK NEGERI 3 SLEMAN PAKEM SLEMAN

Devi Nur’aini, Ayuningtyas (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK SPUIT PADA ANAK KELOMPOK BTK NEGERI 3 SLEMAN PAKEM SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Skripsi 10111244027.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar dengan teknik Spuit pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri 3 Sleman Pakem Sleman. Teknik Spuit adalah membuat atau melakukan sesuatu dengan sebuah semprotan yang berfungsi membentuk motif dekorasi sesuai dengan corak mata Spuit yang sudah dimodifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompok B TK N 3 Sleman, Pakem, Sleman yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75 % anak mengalami peningkatan pada kemampuan menggambar dengan teknik Spuit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menggambar meningkat setelah adanya tindakan dengan teknik Spuit. Pada saat dilakukan observasi, awal presentase kemampuan menggambar anak adalah 54,81 %, setelah diadakan tindakan mengalami peningkatan sebesar 74,36 %. Persentase ini belum mencapai indikator keberhasilan yang diinginkan, maka dilakukan tindakan pada siklus II dan mendapatkan persentase sebesar 81,52 %, perolehan persentase ini dikategorikan pada predikat sangat baik. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kemampuan menggambar anak dapat meningkat adalah: guru mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan untuk menggambar berupa media dengan teknik Spuit, kertas gambar, contoh gambar sesuai tema yang dibuat oleh guru, serta contoh gambar lain yang mendukung tema pada saat kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru juga mendemonstrasikan cara menggambar menggunakan media dengan teknik Spuit pada anak-anak sebelum kegiatan dimulai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik Spuit dapat meningkatkan kemampuan menggambar anak kelompok B TK N 3 Sleman Pakem Sleman. Kata kunci: menggambar, menggambar anak, teknik Spuit

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13440

Actions (login required)

View Item View Item