PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN (MEASUREMENT) MELALUI PROBLEM SOLVING PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ABA 3 IMOGIRI BANTUL

Susi, Yuliana (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUKURAN (MEASUREMENT) MELALUI PROBLEM SOLVING PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ABA 3 IMOGIRI BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pengukuran padaanakkelompok B2 di TK ABA 3 ImogiriBantul masih belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanpengukuranmelalui problem solving pada anak kelompok B2 di TK ABA 3 Imogiri Bantul. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah anakkelompok B2 TK ABA 3 Imogiri Bantul yang berjumlah 18 anak, terdiri dari 11 perempuan dan 7 laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila anak yang mendapatkan skor 3atau dengan kriteria berkembang sangat baik(BSB) telah mencapai ≥81% dari keseluruhan anak. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan pengukuran pada anak kelompok B2 TK ABA 3 Imogiri Bantul.Persentase jumlah anak yang mendapatkan skor 3 atau dengan kriteria berkembang sangat baik(BSB) pada kemampuan pengukuran panjang saat pra tindakan 11,11%.Di akhir sikluskemampuan pengukuran panjang meningkat menjadi 83,33%.Untuk kemampuan pengukuran volumepada saat pra tindakan 16,63%.Di akhir sikluskemampuan pengukuran volume meningkat menjadi 86,11%.Selanjutnya untuk kemampuan pengukuran massapada saat pra tindakan 22,22%.Di akhir sikluskemampuan pengukuran massa meningkat menjadi 83,33%. Langkah pembelajaran pengukuran melalui problem solving, diawali dengan guru menyampaikan persoalan yang akan dipecahkan anak, kemudian anak diminta untuk mengidentifikasi persoalan tersebut. Selanjutnya anak-anak merumuskan strategi pemecahan masalah melalui diskusi bersama. Setelah itu, anak-anak menerapkan strategi pemecahan masalah dengan melakukan pengukuran,kemudian mengkomunikasikan hasilnya pengukurannya. Dengan demikian, kemampuan pengukuran dapat meningkat. Kata kunci: kemampuan pengukuran, problem solving

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

View Item View Item