Lina Fitri, Yulaifah (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI MENGGUNAKAN KARTU GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM TERPADU BINA INSANI PANGGANG GUNUNGKIDUL 2013. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
Skripsi PDF.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi menggunakan kartu geometri pada anak kelompok B TK Islam Terpadu Bina Insani Panggang Gunungkidul dan mengetahui besarnya peningkatan yang terjadi. Kartu geometri digunakan karena dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan klasifikasi pada anak. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Islam terpadu Bina Insani Panggang Gunungkidul yang berjumlah 24 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam 2 siklus. Siklus 1 untuk klasifikasi 2 kategori dan siklus 2 untuk klasifikasi 3 kategori. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) cara meningkatkan kemampuan klasifikasi menggunakan kartu geometri pada anak perlu memperhatikan tingkat kekontrasan warna, bentuk, dan ukuran dari kartu geometri yang digunakan; (2) terjadi peningkatan terhadap kemampuan klasifikasi anak. Kemampuan klasifikasi menggunakan kartu geometri berkembang dari 2 kategori menjadi 3 kategori. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan klasifikasi anak yaitu sebanyak 87% (dari jumlah keseluruhan anak) pada siklus 1 dengan 2 kategori, berkembang pada siklus 2 menjadi 92% (dari jumlah keseluruhan anak) dengan 3 kategori. Kata kunci: kemampuan klasifikasi, kartu geometri
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 06:55 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13435 |
Actions (login required)
View Item |