Metode Standard Setting untuk Ujian Nasional di Sekolah Dasar

Rejeki, Sri (2013) Metode Standard Setting untuk Ujian Nasional di Sekolah Dasar. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sri-rejeki-07701261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik hasil Cut Score Ujian Nasional (UN) di SD berdasarkan pengembangan implementasi metode Nedelsky, Angoff Ya/Tidak, Ebel, metode Bookmark. dan hasil modifikasi metode Ebel-Bookmark yang dikembangkan dalam penetapan Cut Score UN di SD; 2) mengetahui keyakinan/kepercayaan panelis terhadap implementasi metode Standard Setting untuk menetapkan Cut Score; 3) mengetahui akurasi implementasi metode Nedelsky, Angoff, Ebel, Bookmark serta modifikasi Ebel-Bookmark berdasarkan standar deviasi masing-masing metode; 4) mengembangkan dan mengimplementasikan metode Standard Setting berdasarkan pendekatan test centered dalam menetapkan Cut Score UN di SD. Proses penetapan standar menggunakan soal UASBN SD di DIY tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini melibatkan guru SD di DIY, sebagai panelis adalah sejumlah 10 guru pada putaran 1 dan 16 guru pada putaran 2, 8 pakar dan 1650 hasil pekerjaan siswa.Penelitian ini menggunakan langkah pengembangan model Thiagarajan dengan 4D (define, design, develop, dissemination). Penelitian ini dilakukan mengikuti prosedur dan análisis data dalam metode Nedelsky, Angoff Ya/Tidak, Ebel, Bookmark dan modifikasi Ebel-Bookmark. Analisis item menggunakan program ITEMAN dan Bilog MG dengan 1 Parameter Logistik (1PL). Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. 1). Rerata Cut Score berdasarkan metode Nedelsky untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 28,44; Matematika 23,47; IPA 27. Rerata Cut Score metode Angoff Ya/Tidak untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebsesar 38,594; Matematika 32,82; IPA 33,24. Rerata Cut Score metode Ebel untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebsesar 80,75; Matematika 60,21; IPA 77,54. Rerata Cut Score metode Bookmark untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 51,63; Matematika 51,33; IPA 59,16. Cut Score modifikasi Ebel-Bookmark untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 81,27; Matematika 79,06; IPA 77,44 2). Keyakinan/kepercayaan panelis dalam implementasi metode Standard Setting untuk metode Bookmark sebesar 81,25%; metode Angoff 68,75%; modifikasi Ebel-Bookmark 62,50%; metode Ebel 43,75% dan metode Nedelsky 43,75%. 3). Metode Bookmark lebih akurat dibandingkan dengan metode yang lain untuk menetapkan cut score mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika dalam UN SD 2009, modifikasi metode Ebel-Bookmark lebih akurat dibandingkan dengan metode lain untuk menetapkan cut score mata pelajaran IPA dalam UN SD 2009. 4). Penelitian ini menghasilkan panduan implementasi metode Standard Setting sesuai langkah-langkah dalam metode Nedelsky, Angoff Ya/Tidak, Ebel dan Bookmark serta modifikasi metode Ebel-Bookmark

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: standard setting, Ujian Nasional, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 20 Sep 2022 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item