PENINGKATAN KEMAMPUANMEMBILANG DENGAN MEDIA BENDA KONKRET PADA ANAK KELOMPOKADI TKTARUNA ALQURAN SARIHARJO SLEMANYOGYAKARTA

Karni (2015) PENINGKATAN KEMAMPUANMEMBILANG DENGAN MEDIA BENDA KONKRET PADA ANAK KELOMPOKADI TKTARUNA ALQURAN SARIHARJO SLEMANYOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntuk meningkatkankemampuan membilang dengan mediabendakonkretpadaanakkelompokATKTaruna Alquran, Sariharjo, Sleman, Yogyakarta. Penelitianini adalah Penelitian TindakanKelas. Subjek penelitianini adalah25anakKelompokATKTaruna Al-Quran Sariharjo, Slemanyangterdiri dari13anaklaki-lakidan12anakperempuan.Objek yangditeliti adalah peningkatankemampuanmembilangdenganmedia benda konkret.Metodeyang digunakan dalam mengumpulkan data berupa observasi dan dokumentasi. Adapun metodeyangdigunakan untuk menganalisisdataadalah deskriptif kuantitatif. Indiktor keberhasilandaripenelitianiniadalahapabila perhitungan presentase menunjukan≥80% anak mengalamipeningkatandalammembilang banyakbenda danmembilangdenganmenunjukbenda-benda (mengenalkonsep bilangan dengan benda-benda). Hasilpenelitian menunjukkanadanya peningkatankemampuanmembilang PadasiklusI59,20%danpadasiklusII menjadi85,88%.Langkah-langkah pembelajaran membilang denganmedia konkretyaitu (1)guru menentukan tujuan pembelajaran (meningkatkankemampuanmembilang banyak bendadankemampuan membilang denganmenunjuk benda-benda(mengenalkonsepbilangandengan benda- benda),(2)meteripembelajaranberdasarkan temayaitutanaman.(3)subtemayang akan dibahasadalahtanamandikebun.(4)anak-anakberdiskusitentang tanamandikebun yang diketahuioleh anak danmenyebutkanciri-ciritanaman.(5)metodepembelajaran yang akan digunakan adalah metode bercakap-cakap dan pemberian tugas. (6)selesai kegiatan gurumelakukan penilaian dengan menggunakan lembarobservasidan dokumentasiLKA. Kata kunci:kemampuanmembilang, media bendakonkret, TKKelompokA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item View Item