Karni (2015) PENINGKATAN KEMAMPUANMEMBILANG DENGAN MEDIA BENDA KONKRET PADA ANAK KELOMPOKADI TKTARUNA ALQURAN SARIHARJO SLEMANYOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
Skripsi.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntuk meningkatkankemampuan membilang dengan mediabendakonkretpadaanakkelompokATKTaruna Alquran, Sariharjo, Sleman, Yogyakarta. Penelitianini adalah Penelitian TindakanKelas. Subjek penelitianini adalah25anakKelompokATKTaruna Al-Quran Sariharjo, Slemanyangterdiri dari13anaklaki-lakidan12anakperempuan.Objek yangditeliti adalah peningkatankemampuanmembilangdenganmedia benda konkret.Metodeyang digunakan dalam mengumpulkan data berupa observasi dan dokumentasi. Adapun metodeyangdigunakan untuk menganalisisdataadalah deskriptif kuantitatif. Indiktor keberhasilandaripenelitianiniadalahapabila perhitungan presentase menunjukan≥80% anak mengalamipeningkatandalammembilang banyakbenda danmembilangdenganmenunjukbenda-benda (mengenalkonsep bilangan dengan benda-benda). Hasilpenelitian menunjukkanadanya peningkatankemampuanmembilang PadasiklusI59,20%danpadasiklusII menjadi85,88%.Langkah-langkah pembelajaran membilang denganmedia konkretyaitu (1)guru menentukan tujuan pembelajaran (meningkatkankemampuanmembilang banyak bendadankemampuan membilang denganmenunjuk benda-benda(mengenalkonsepbilangandengan benda- benda),(2)meteripembelajaranberdasarkan temayaitutanaman.(3)subtemayang akan dibahasadalahtanamandikebun.(4)anak-anakberdiskusitentang tanamandikebun yang diketahuioleh anak danmenyebutkanciri-ciritanaman.(5)metodepembelajaran yang akan digunakan adalah metode bercakap-cakap dan pemberian tugas. (6)selesai kegiatan gurumelakukan penilaian dengan menggunakan lembarobservasidan dokumentasiLKA. Kata kunci:kemampuanmembilang, media bendakonkret, TKKelompokA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 06:55 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13432 |
Actions (login required)
View Item |