PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH TERBAH, PENGASIH, PENGASIH, KULON PROGO

Fitri, Riyanti (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH TERBAH, PENGASIH, PENGASIH, KULON PROGO. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Fitri_2014.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dengan menggunakan metode demonstrasi pada anak Kelompok B1 TK Al Hidayah Terbah, Pengasih, Pengasih, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 14 anak Kelompok B1 TK Al Hidayah Terbah, Pengasih, Pengasih, Kulon Progo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian dengan cek lis dan tes kinerja. Indikator keberhasilan yaitu skor rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan anak ≥76% dari jumlah skor anak secara keseluruhan pada indikator kemampuan mengenal lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan anak Kelompok B1 TK Al Hidayah Terbah, Pengasih, Pengasih, Kulon Progo. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Pratindakan mencapai 42,25% mengalami peningkatan sebesar 7,44% pada Siklus I menjadi 49,69% dan mengalami peningkatan sebesar 35,71% pada Siklus II menjadi 78,86%. Langkah-langkah penerapannya: 1) guru memberikan contoh membilang dengan benda 1-20 sebagai pengenalan, 2) menunjukkan media yang akan digunakan, 3) menunjukkan dan memberikan contoh kegiatan apa yang akan dilakukan, 4) anak melakukan sendiri kegiatan yang telah dijelaskan guru yaitu membuat urutan bilangan 1 sampai 20, menunjuk lambang bilangan 1-10, dan meniru lambang bilangan 1-10. Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, metode demonstrasi, anak Kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13431

Actions (login required)

View Item View Item