ANALISIS PELAKSANAANPENILAIAN PORTOFOLIO MOTORIK HALUSANAK USIA 4-6 TAHUN OLEH GURU TK SE-KECAMATAN KRETEK, BANTUL, YOGYAKARTA

Nanik, Setiyani (2015) ANALISIS PELAKSANAANPENILAIAN PORTOFOLIO MOTORIK HALUSANAK USIA 4-6 TAHUN OLEH GURU TK SE-KECAMATAN KRETEK, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Nanik Setiyani .pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian portofolio motorik halus anak usia 4-6 tahun oleh guru TK se-Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Pelaksanaan penilaian portofolio terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Objek penelitian adalah pelaksanaan penilaian portofolio motorik halus anak usia 4-6 tahun oleh guru TK se-Kecamatan Kretek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui: kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan model analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 30 guru atau 46% guru melaksanakan penilaian portofolio motorik halus anak usia 4-6 tahun dengan sangat baik, 29 guru atau 45% guru melaksanakan penilaian portofolio motorik halus anak usia 4-6 tahun dengan baik, dan 6 guru atau 9% guru melaksanakan penilaian portofolio motorik halus anak usia 4-6 tahun dengan cukup baik. Rata-rata (mean) skor responden dari hasil penelitian pelaksanaan penilaian portofolio motorik halus anak usia 4-6 tahun oleh guru TK se-Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta adalah 59, 54. Pelaksanaan penilaian portofolio yang dilakukan oleh guru sudah mengikuti tahapan penilaian portofolio.Tahapan penilaian portofolio guru di TK Kecamatan Kretek sesuai dengan pendapat Wina Sanjaya (2006: 202), yaitu (1) menentukan tujuan portofolio, (2) penentuan isi portofolio, (3) dan menentukan kriteria dan format penilaian. Akan tetapi, guru belum melibatkan anak maupun orang tua dalam penilaian portofolio motorik halus anak usia 4-6 tahun. Kata kunci: pelaksanaan, penilaian portofolio, motorik halus, anak usia 4-6 tahun

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13426

Actions (login required)

View Item View Item