PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V SD N BANGUNKERTO, TURI, SLEMAN

Eka Fajar, Rahmawati (2015) PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V SD N BANGUNKERTO, TURI, SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Eka Fajar Rahmawati_10108244043.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar IPS, dan (2) meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa kelas V SD Negeri Bangunkerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman dengan menerapkan metode active learning tipe index card match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Bangunkerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi, tes, observasi, catatan lapangan, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil skala motivasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode active learning tipe index card match melalui tahap membagi kartu pertanyaan dan jawaban, mencari pasangan kartu, menemukan pasangan kartu, mengklarifikasi kebenaran kartu, dan kesimpulan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep IPS. Keberhasilan peningkatan motivasi belajar IPS diketahui dari rata-rata skor yang pada pra tindakan adalah 56 dengan kategori sedang, selanjutnya pada siklus I menjadi 73 dengan kategori tinggi, dan pada siklus II menjadi 89 dengan kategori sangat tinggi. Persentase ketuntasan pemahaman konsep IPS siswa juga mengalami peningkatan yang pada pra tindakan 8 siswa atau 38% , kemudian pada siklus I menjadi 14 siswa atau 67% dan pada siklus II mencapai 17 siswa atau 81%. Kata kunci: metode index card match, motivasi belajar IPS, pemahaman konsep IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13424

Actions (login required)

View Item View Item