PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MENGGUNAKAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SD N KAREN

Fajrin, Setyorini (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MENGGUNAKAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SD N KAREN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Fajrin Setyorini 10108244046.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa menggunakan active learning tipe index card match pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Karen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif melibatkan guru, kolaborator, dan peneliti. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis Taggart model siklus berulang (spiral). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD N Karen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan mencari rerata nilai kemudian dibandingkan setiap siklusnya. Validitas instrumen pengambilan data dilakukan dengan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melaksanakan langkah-langkah pembelajaran active learning tipe index card match dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas V SD N Karen. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata membaca aksara Jawa siswa kelas V yaitu 63,82 pada pratindakan, menjadi 73,41 pada siklus I dan setelah dilakukan perbaikan meningkat kembali menjadi 78,29 pada siklus II. Persentase siswa yang lulus KKM dan masuk kategori terampil juga mengalami kenaikan dari 23,53% pada pratindakan naik menjadi 52,94% pada siklus I, dan menjadi 82,35% pada siklus II. Hasil observasi menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat, siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa menjadi lebih percaya diri dalam menyatakan gagasan, menjawab pertanyaan, maupun untuk bertanya, serta merasa senang belajar menggunakan active learning tipe index card match. Kata kunci : active learning tipe index card match, aksara Jawa, siswa kelas V SD Karen

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13422

Actions (login required)

View Item View Item