KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN PADA PENGENALAN SAINS DI TK GUGUS V KECAMATAN SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Fika Dana, Rosita (2015) KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN PADA PENGENALAN SAINS DI TK GUGUS V KECAMATAN SRANDAKAN, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKA DANA ROSITA PGPAUD 10111241017.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru di TK Gugus V Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta dalam menerapkan metode eksperimen pada pengenalan sains. Kemampuan guru menerapkan metode eksperimen pada pengenalan sains meliputi kemampuan guru merencanakan pembelajaran eksperimen pada pengenalan sains, melaksanakan pembelajaran eksperimen pada pengenalan sains, dan melakukan penilaian pembelajaran eksperimen pada pengenalan sains. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru di TK Gugus V Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Teknik penetapan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru menerapkan metode eksperimen pada pengenalan sains di TK Gugus V Kecamatan Srandakan berada dalam kriteria cukup baik dengan skor rata-rata 6,56 dari skala 10. Hal ini dikarenakan dalam melakukan penilaian pembelajaran eksperimen pada pengenalan sains guru tidak melakukan penilaian mengenai sikap anak ketika melakukan kegiatan eksperimen, rumusan masalah, dan hipotesis yang diungkapkan oleh anak. Ketiga aspek penilaian tersebut tidak dilakukan oleh guru karena guru ternyata tidak merencanakannya dan tidak mencantumkannya di dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH).Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan guru menerapkan metode eksperimen pada pengenalan sains dengan hasil belajar anak mengikuti pembelajaran yang ditunjukkan oleh korelasi Product Moment dari Karl Pearson dengan r = 0,8454. Kata kunci: metode eksperimen, pengenalan sains

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13419

Actions (login required)

View Item View Item