Heri, Susiyanto (2015) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN HUMANIZING THE CLASSROOM DENGAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS III KECAMATAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Skripsi Heri Susiyanto.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara model pembelajaran Humanizing The Classroom dengan sikap demokratis siswa kelas V Sekolah Dasar gugus III Kecamatan Tempel Sleman Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Tempel yang berjumlah 127 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Uji validitas digunakan untuk menganalisis instrumen penelitian dengan menggunakan rumus Pearson sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji prasarat analisis, dan uji korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,846 > 0,173) dengan menggunakan taraf signifikansi 5%. Maka dapat dikatakan Model Pembelajaran Humanizing The Classroom mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan sikap demokratis. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa Model Pembelajaran Humanizing The Classroom mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan Sikap Demokratis siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman Yogyakarta yang diajukan dalam penelitian ini terbukti atau hipotesis diterima. Kata kunci : Model Pembelajaran Humanizing The Classroom, Sikap Demokratis, Siswa Kelas V SD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 06:55 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13414 |
Actions (login required)
View Item |