Pengembangan Model Penelitian Berperspektif Gender

Huda, Nuril (2013) Pengembangan Model Penelitian Berperspektif Gender. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-nuril-huda-05701261019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. menggambarkan prosedur pengembangan model penelitian berperspektif gender, 2. menghasilkan model penelitian berperspektif gender, dan 3. menghasilkan karakteristik model penelitian berperspektif gender. Subjek penelitian ini adalah dua dosen dari Universitas Lambung Mangkurat untuk pengujian produk awal, dan dua orang dosen dari Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin untuk pengujian produk akhir. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengadaptasi model penelitian pengembangan dari Borg dan Gall. Prosedur pengembangan dilakukan melalui sepuluh tahapan, yaitu: 1. studi pendahuluan, 2. perencanaan model, 3. pengembangan model awal, 4.uji coba model awal, 5. revisi model awal, 6.uji coba scope terbatas, 7. revisi uji coba scope terbatas,8. pengujian model akhir, 9. revisi model akhir, 10. diseminasi dan implementasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, checklist dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan teknik analisis kualitatif fenomenologi (grounded) dan dilengkapi dengan analisis gender model HARMOS (modifikasi dari teknik analisis gender model Harvard dan model Moser). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Pengembangan model penelitian berperspektif gender dilakukan melalui studi pendahuluan, pengembangan desain prototipe model penelitian berperspektif gender dan seluruh komponen model penelitian, validasi model oleh para pakar dan pengguna melalui FGD dan workshop, uji coba dalam bentuk penelitian dan sosialisasi hasil penelitian dalam bentuk seminar. 2. Menemukan model penelitian berperspektif gender yang secara spesifik menggunakan analisis gender model HARMOS (modifikasi dari analisis gender model Harvard dan model Moser) dan pedoman aplikasinya. 3. Model penelitian berperspektif gender adalah model penelitian yang berfokus pada permasalahan gender, dilakukan secara cermat dan sistematis dengan menggunakan teknik analisis gender dan analisis kualitatif. Model penelitian berperspektif gender yang dikembangkan memiliki karakteristik: a. tema gender, b. objek studi laki-laki dan perempuan, c. data terpilah sesuai jenis kelamin, d. mengkritisi perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan dalam kehidupan bermasyarakat, e. menganalisis partisipasi, akses, kontrol, dan manfaat, yang didapat laki-laki dan perempuan dalam pembangunan, f. mengangkat pengetahuan dan pengalaman laki-laki dan perempuan secara proporsional, g. menemukan dan mengkritisi isu-isu gender dan faktor penyebab kesenjangan gender, h. menggunakan teknik analisis gender model HARMOS dan analisis kualitatif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model penelitian, berperspektif gender
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 11 Jul 2022 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13408

Actions (login required)

View Item View Item