Pengembangan Model Evaluasi Implementasi Program RSBI di SMA Berbasis Kondisi Sekolah

Setiawati, Esti (2013) Pengembangan Model Evaluasi Implementasi Program RSBI di SMA Berbasis Kondisi Sekolah. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-esti setiawati-08701261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi implementasi program RSBI di SMA berbasis kondisi sekolah. Produknya berupa instrumen evaluasi implementasi program RSBI SMA berbasis kondisi sekolah beserta pedoman evaluasi, pedoman pengolahan data, dan pelaporan hasil evaluasi yang dapat digunakan untuk pembinaan dalam rangka pengembangan program RSBI di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan R&D yang diadaptasi dari desain model Borg & Gall. Langkah pengembangan terdiri dari tiga tahap yakni tahap pengembangan desain model evaluasi, uji coba model, dan diseminasi. Pada tahap pengembangan desain model dilakukan kegiatan mendesain model secara berkesinambungan melalui kegiatan análisis dengan prasurvei lapangan dan studi empiris, perencanaan model, dan pengembangan model (draf awal dan produk awal) melalui validasi internal, eksternal, dan seminar. Dalam kegiatan uji coba model, secara berkesinambungan dilakukan kegiatan uji coba tahap 1, uji coba tahap 2, dan uji coba tahap 3. Pada tahap diseminasi model, dilakukan publikasi hasil penelitian melalui kegiatan seminar dan atau jurnal evaluasi. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pengembangan komponen dan indikator dalam model evaluasi implementasi program RSBI ini dilakukan melalui kajian konseptual, teoretik, dan empirik, pra survei lapangan, validasi internal dan eksternal, serta seminar instrumen penelitian. (2) Validitas instrumen evaluasi yang dikembangkan telah teruji melalui penilaian para ahli (expert judgement) dalam validasi internal dan eksternal, serta melalui análisis faktor (muatan faktor semua butir ≥ 0,3). (3) Hasil análisis reliabilitas instrumen evaluasi dengan menggunakan uji reliabilitas komposit telah memenuhi kriteria yang ditetapkan (koefisien reliabilitas ≥ 0,70). Koefisien reliabilitas instrumen evaluasi pada komponen kualitas sumber daya manusia dengan 20 item sebesar 0,935, komponen sarana dan prasarana belajar dengan 15 item sebesar 0,930, komponen kultur sekolah dengan 20 item sebesar 0,928, komponen kualitas pembelajaran dengan 18 item sebesar 0,931, dan komponen manajemen pengelolaan sekolah dengan 17 item sebesar 0,919. (4) Model evaluasi implementasi program RSBI hasil pengembangan bersifat efektif karena dapat memberikan informasi yang tepat bagi stakeholders. (5) Hubungan antar komponen dalam evaluasi implementasi program RSBI saling terkait dan saling mendukung antara komponen yang satu dengan komponen lainnya

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, implementasi, program RSBI
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 21 Sep 2022 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13404

Actions (login required)

View Item View Item