HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN RESILIENSI PADA SISWA DI PANTI ASUHAN SE-KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN

Qonita Mar’ati, Qonita (2015) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN RESILIENSI PADA SISWA DI PANTI ASUHAN SE-KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI, QONITA MAR'ATI, PPB-BK (FIP UNY) NIM 10104244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan konsep diri dengan resiliensi pada siswa di panti asuhan se-Kecamatan Gombong, Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Panti Asuhan se-Kecamatan Gombong sejumlah 44 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial, skala konsep diri, dan skala resiliensi. Uji validitas instrumen menggunakan salah satu validitas isi yaitu validitas logis yang melibatkan expert judgment, sedangkan reliabilitas dengan menggunakan formula Alpha Cronbach dengan nilai koefisien 0,923 pada skala dukungan sosial, 0,901 pada skala konsep diri, dan 0,906 pada skala resiliensi. Analisis data menggunakan teknik korelasi regresi sederhana dengan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan resiliensi pada siswa di panti asuhan se-Kecamatan Gombong. Hal ini ditunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,632 dan p = 0.000 (p <0.05), artinya semakin tinggi dukungan sosial, maka semakin tinggi resiliensi. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosialnya, maka semakin rendah pula resiliensinya. Selain itu, adanya hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan resiliensi pada siswa di panti asuhan se-Kecamatan Gombong. Hal ini ditunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,707 dan p = 0.000 (p <0.05), artinya semakin tinggi konsep diri, maka semakin tinggi resiliensi. Sebaliknya, semakin rendah konsep dirinya, maka semakin rendah resiliensinya. Sebagai hasil penelitian ini yaitu adanya hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial dan konsep diri dengan resiliensi pada siswa di panti asuhan se-Kecamatan Gombong. Hal ini ditunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,765 dan p = 0.000 (p <0.05), artinya semakin tinggi dukungan sosial dan konsep diri, maka semakin tinggi resiliensi. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial dan konsep dirinya, maka semakin rendah resiliensinya. Sumbangan efektif dukungan sosial dan konsep diri terhadap resiliensi ialah sebesar 58,5%, berarti masih ada sumbangan sebesar 41,5% berasal dari faktor lain. Kata kunci: dukungan sosial, konsep diri, resiliensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13394

Actions (login required)

View Item View Item