Dinamika Penanaman Nilai-Nilai Bela Negara Kadet Maguwo Dalam Perspektif Historis

Hadi, Yulianto (2013) Dinamika Penanaman Nilai-Nilai Bela Negara Kadet Maguwo Dalam Perspektif Historis. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-yulianto hadi-08703261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengetahui, memahami, dan menemukan: Pertama, formulasi nilai-nilai bela negara yang terkandung dalam peristiwa Serangan Fajar dan jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA pada tanggal 29 Juli 1947. Kedua, dinamika interpretasi tokoh dan pejabat TNI AU terhadap bela negara. Ketiga, rumusan dinamika proses penanaman nilai-nilai bela negara di Sekbang. Keempat, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap dinamika penanaman nilai-nilai bela negara di Sekbang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan kombinasi dari berbagai pendekatan dan metode penelitian. Pendekatan kualitatif untuk pengolahan data-data, pendekatan historis untuk mendalami kejadian dan peristiwa-peristiwa terdahulu, phenomenologi untuk pemaknaan filosofi yang ditemui dari subjek penelitian, dan interpretasi digunakan terhadap makna, sikap, dan persepsi dari informan. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) Core value bela negara Kadet Maguwo yang masih relevan, sesuai dengan landasan historis dan landasan filosofis pendidikan meliputi nilai-nilai kesetiaan dan kecintaan terhadap negara Indonesia dengan tetap didasari nilai-nilai ketuhanan, ketulusan, kekuatan tekad, kesatria, moralitas, keteladanan, integritas, profesionalitas, dan kedisiplinan. 2) Bela negara awalnya bersifat filosofis, dan diperkuat secara ideologis untuk mengembangkan eksistensinya yang mengutamakan keberanian dengan integritas dan profesionalitas. 3) Penanaman nilai diawali secara sederhana dengan landasan filosofis yang penuh makna, berlanjut dengan intensitas yang tinggi untuk pemantapan ideologis, dan psikologis, kemudian mengarah ke sosiologis yang intensitasnya menurun. 4) Dinamika penanaman nilai-nilai bela negara dipengaruhi oleh faktor ekonomi, politik, zaman, dan budaya yang berada pada empat tingkatan, yaitu nasional/internasional, departemen, unit pelaksana, dan individu siswa. Proses penanaman nilai-nilai bela negara yang berpola behavioristik dan melibatkan kesadaran siswa untuk turut aktif dalam proses pendidikan akan berdampak sangat dalam, merasuk kedalam jiwa dan menjadi sikap hidup sepanjang hayat siswa, karena telah mencapai pada tataran titik kesadaran integral.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, dan Nilai Bela Negara
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 04 Nov 2021 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13393

Actions (login required)

View Item View Item