Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kinestetik untuk Anak Prasekolah

Sutapa, Panggung (2013) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kinestetik untuk Anak Prasekolah. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-panggung-sutapa-08703261016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani untuk anak prasekolah yang berbasis kinestetik. Model ini diharapkan dapat digunakan sebagai pengkayaan model pembelajaran pendidikan jasmani dan dapat digunakan untuk mengadakan perlombaan akhir tahunan bagi peserta didik khususnya untuk anak prasekolah. Model pembelajaran ini dikemas secara sirkuit, sehingga dapat dilombakan baik secara individu maupun secara beregu dan bahkan dapat dilombakan antar gugus secara menarik dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadopsi penelitian pengembangan menurut Atwi Suparman yang menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) identifikasi masalah, (2) identifikasi perilaku karakteristik peserta didik, (3) analisis kompetensi, (4) merumuskan kompetensi dasar, (5) mengembangkan produk awal (draf awal), (6) validasi ahli dan revisi, (7) uji coba skala kecil dan revisi, (8) uji coba skala besar dan revisi, (9) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan pada para peserta didik TK ABA Karangmalang yang berjumlah 10 orang, sedangkan uji coba skala besar dilakukan pada para peserta didik TK Aisyiah Pencarsari, TK Tunas Kelapa Ngalangan yang kesemuanya berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu: (1) lembar observasi kesesuaian materi, (2) validasi ahli materi, (3) validasi ahli media, (4) lembar observasi keberterimaan, dan (5) cek lis pengembangan kecerdasan majemuk. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis kinestetik yang didokumentasikan dalam CD dan buku petunjuk pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran ini terbagi ke dalam 9 pos yaitu: (1) berjalan di atas balok titian, (2) lompat gawang, (3) memindahkan tongkat estafet, (4) melempar dengan bola pada sasaran, (5) menendang bola ke gawang, (6) menyusun balok berangka, (7) merangkak dalam terowongan, (8) merayap di bawah tali laba-laba, (9) memanjat tali. Kesemua item dalam pos tersebut dikemas dalam bentuk satu rangkaian kegiatan. Pada akhir penelitian dilakukan uji kemanfaatan model dengan dieksperimenkan. Hasil eksperimen minggu pertama dan kedua belum menunjukkan adanya kemanfaatan yang signifikan terhadap peningkatan kecerdasan majemuk peserta didik P>0,05 dan setelah minggu ke tiga dan ke empat baru terjadi peningkatan secara signifikan P<0,05. Secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran yang dibuat sangat menarik, menyenangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat digunakan sebagai cara mengajar pendidikan jasmani serta sangat efektif untuk menstimulasi kecerdasan majemuk

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kinestetik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 04 Nov 2021 04:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13389

Actions (login required)

View Item View Item