MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONGAN

Nur, Dilaga (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONGAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nur Dilaga NIM 10108244075.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gembongan yang berjumlah 24 siswa dan objeknya adalah hasil belajar IPA pada materi bunyi, energi alternatif dan perubahan kenampakan benda langit. Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar IPA ranah kognitif dan observasi untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor serta mengamati penggunaan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligencesoleh guru, wawancara untuk memperoleh data pendukung mengenai penggunaan strategi multiple intelligences dan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligencesdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA baik ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif peningkatan hasil belajar IPA siswa dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata nilai siswa pada setiap siklus. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa 72, 2dan pada siklus 1 meningkat menjadi 75, 83 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 75% serta di siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80 dengan persentase siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 87,5%. Adapun pada ranah afektif rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat pada setiap siklus, siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa mencapai 77, 25 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,6. Begitu juga dengan ranah psikomotor yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa mencapai 83 dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sehingga menjadi 100. Kata Kunci: Strategi pembelajaran, multiple intelligences, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13388

Actions (login required)

View Item View Item