Hariyanto, V Lilik (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Terintegrasi Bidang Produktif Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi_valentinus lilik hariyanto, m.pd._09702261020.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan model pembelajaran kewirausahaan terintegrasi yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK, (2) menghasilkan perangkat model pembelajaran terintegrasi untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK, (3) menghasilkan model pembelajaran terintegrasi untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK yang memenuhi kriteria tepat, (4) menghasilkan model pembelajaran terintegrasi untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK yang memenuhi kriteria efektif, (5) menghasilkan model pembelajaran terintegrasi untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK yang memenuhi kriteria praktis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan prosedural Borg & Gall. Prosedur yang dilalui dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu kegiatan penelitian dan kegiatan pengembangan. Kegiatan penelitian adalah untuk mengumpulkan data dan informasi menganai produk yang akan dikembangkan. Kegiatan pengembangan lebih memfokuskan pada analisis produk yang dikembangkan melalui kegiatan FGD, uji coba terbatas dan uji coba diperluas. Penelitian dilakukan di SMKN 2 Pengasih Kulonprogo dan SMKN 1 Seyegan Sleman. Subjek penelitian adalah siswa kelas X, XI dan XII Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan Model PKT dapat digunakan untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK, (2) perangkat pembelajaran Model PKT guna menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK dapat dikembangkan, (3) model PKT yang memenuhi kriteria tepat untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK dapat dikembangkan, (4) model PKT yang memenuhi kriteria efektif untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK dapat dikembangkan, penerapannya menunjukkan pada tingkat keefektifan yang baik, (5) model PKT yang memenuhi kriteria praktis untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK dapat dikembangkan, dengan ditandai respons guru dan siswa terhadap penerapan Model PKT adalah positif.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PKT, kesiapan berwirausaha siswa SMK |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 06:55 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 07:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13382 |
Actions (login required)
View Item |