IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MORAL DI SD 1 PEDES, BANTUL, YOGYAKARTA

Nutfatun, Khoriah (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MORAL DI SD 1 PEDES, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB 1-V dan daftar pustaka.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan moral di SD 1 Pedes, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Peneliti mengunakan teknik pengumpulan data berupa pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan moral di SD 1 Pedes berupa pengintegrasian dalam kegiatan rutin di sekolah dan di luar sekolah, pendidikan moral yang terintegrasi dalam mata pelajaran dengan memasukan nilai-nilai moral kedalam silabus dan RPP, serta pendidikan moral yang terintegrasi dalam budaya sekolah. Masing-masing kegiatan senantiasa ditanamkan nilai-nilai moral yaitu sikap dan perilaku yang baik. Nilai-nilai pendidikan moral yang dikembangkan di SD 1 Pedes yaitu sesuai dengan karakteristik manusia bermoral seperti jujur, tanggung jawab, mandiri serta 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun). Kata kunci: implementasi, pendidikan moral, siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13380

Actions (login required)

View Item View Item