PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DI SD NEGERI 1 SEDAYU KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Istingadatu, Faozah (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DI SD NEGERI 1 SEDAYU KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
ISTINGADATU FAOZAH_10108244025.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) di SD Negeri 1 Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul yang meliputi (1) pemahaman guru tentang hakikat pendidikan karakter, (2) kegiatan program 5S, (3) nilai-nilai yang terkandung dalam program 5S, (4) Faktor pendukung, faktor penghambat dan upaya untuk mengatasi faktor penghambat program 5S. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengampu ekstrakurikuler,guru kelas dan siswa kelas 1, 3, dan 5 SD Negeri 1 Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. Proses analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa SD Negeri 1 Sedayu melaksanakan pendidikan karakter melalui program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). (1) guru telah memahami hakikat pendidikan karakter. (2) kegiatan dari program 5S dilaksanakan dalam program pengembangan diri yang meliputi kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian, program 5S juga dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran dan ekstrakurikuler. (3) nilai-nilai yang ada dalam program 5S adalah nilai toleransi, peduli sosial, dan cinta damai. (4) faktor pendukung dari program 5S adalah adanya guru, lingkungan sekolah, dan materi pelajaran yang mendukung, faktor penghambatnya adalah adanya peserta didik yang berperilaku tidak tertib dan susah untuk diatur, upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat adalah dengan menegur ataupun memberi nasihat kepada peserta didik. Kata kunci: pendidikan karakter, 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13351

Actions (login required)

View Item View Item