PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK CARD SORT SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR 1 PEDES, SEDAYU, BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014

Erlita Winda, Khristyanti (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK CARD SORT SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR 1 PEDES, SEDAYU, BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ERLITA WINDA KHRISTYANTI - NIM 10108244020.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui penerapan model Active Learning teknik Card Sort, dan 2) meningkatkan hasil keterampilan menulis puisi melalui penerapan model Active Learning teknik Card Sort pada siswa kelas VA SD 1 Pedes. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VA SD 1 Pedes tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 siswa dan 7 siswi. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yaitu (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah: 1) tes menulis puisi, 2) observasi, dan 3) catatan lapangan. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi proses pembelajaran dan catatan lapangan mengenai pelaksaan pembelajaran, sedangkan untuk menganalisis hasil tes keterampilan menulis puisi digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Active Learning teknik Card Sort dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis puisi. Peningkatan kualitas proses pembelajaran pada siklus I ditunjukkan dengan sebagian besar siswa yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran model Active Learning teknik Card Sort meskipun beberapa masih enggan berdiskusi kelompok, sedangkan pada siklus II keseluruhan siswa sudah aktif dan partisipatif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Selain itu, peningkatan hasil keterampilan menulis puisi menggunakan model Active Learning teknik Card Sort pada siklus I sebesar 11,35, kondisi awal 62,75 meningkat menjadi 74,10 dan pada siklus II meningkat sebesar 17,77 menjadi 80,52. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa telah meningkat setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Active Learning teknik Card Sort. Kata kunci: keterampilan menulis puisi, model active learning teknik card sort, anak SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

View Item View Item