HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS X SMK KOPERASI YOGYAKARTA

Murphi Ayuni, Ayuni (2015) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS X SMK KOPERASI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa kelas X SMK Kopersai Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kopersai Yogyakarta, sejumlah 73 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala Konsep Diri dan skala Interaksi Sosial. Uji validitas instrument menggunakan rumus product-moment dari Pearson, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai koefisien 0,942 pada Konsep Diri dan 0,951 pada Interaksi Sosial. Analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,727 dan p = 0.000 (p < 0.05), artinya semakin tinggi konsep diri seorang siswa, maka semakin tinggi interaksi sosialnya. Sebaliknya jika rendah konsep diri seorang siswa, maka semakin rendah interaksi sosialnya. Kata kunci : konsep diri, interaksi sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13348

Actions (login required)

View Item View Item