PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VA SD MODEL KABUPATEN SLEMAN

Yulia Dwi, Ernawati (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VA SD MODEL KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Yulia Dwi Ernawati_10108247102.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar IPA yang rendah merupakan masalah di kelas VA SD Model Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat¬kan prestasi belajar IPA siswa kelas VA SD Model Kabupaten Sleman menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Model Kabupaten Sleman yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Model penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen tes sebelum digunakan dalam penelitian divalidasi dengan expert judgment. Data observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan7 asas utamanya dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VA SD Model Kabupaten Sleman. Siswa sudah tidak malu untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Siswa sudah bisa melakukan kegiatan inkuiri, kerja kelompok, dan presentasi dengan baik. Siswa lebih mudah memahami materi IPA karena mampu mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata pada keadaan awal mencapai 71,04 meningkat menjadi 75,71 pada siklus I dan 85,71 pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai KKM meningkat dari 33,33% pada keadaan awal menjadi 66,67% di siklus I dan 90,47% di siklus II. Hasil analisis menggunakan effect size menunjukkan efek sebesar 1,01. Kata kunci: model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, prestasi belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item View Item