HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI TUGAS AKHIR SKRIPSI PADA MAHASISWA PRODI BK UNY

Baratama Wicaksana, Baratama (2015) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI TUGAS AKHIR SKRIPSI PADA MAHASISWA PRODI BK UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI TAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penundaan penyelesaian tugas akhir skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi tugas akhir skripsi pada mahasiswa prodi BK UNY. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi BK UNY yang telah memulai membuat skripsi dan telah menempuh masa studi lebih dari lima tahun. Subjek penelitian ini sejumlah 40 orang yang memiliki ciri-ciri telah memiliki masa studi lebih dari lima tahun dan masih aktif dalam penyelesaian skripsi. Instrumen yang digunakan adalah skala prokrastinasi skripsi dan skala regulasi diri. Koefisien item valid prokrastinasi bergerak dari 0,171 sampai dengan 0,769, sedangkan koefisien item valid regulasi diri bergerak dari -0,182 sampai dengan 0,731. Alat pengumpulan data berupa skala regulasi diri dengan reliabilitas 0,878 dan skala prokrastinasi tugas akhir skripsi yang memiliki reliabilitas 0,949. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik product moment dari pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa tingkat akhir yang memiliki masa studi lebih dari lima tahun di prodi BK UNY memiliki tingkat regulasi diri yang sedang yaitu sebanyak 62,5% dan prokrastinasi tugas akhir skripsi dalam kategori tinggi sebanyak 67,5%. Hasil uji statistik diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,937. Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara regulasi diri dan prokrastinasi tugas akhir skripsi dengan sumbangan efektif sebesar 87,8%. Semakin besar regulasi diri yang di miliki oleh mahasiswa, semakin rendah prokrastinasi yang ia lakukan. Sebaliknya, semakin rendah regulasi diri yang di miliki mahasiswa, semakin tinggi prokrastinasi yang ia lakukan. Selebihnya, sebesar 12,2% terbentuknya prokrastinasi tugas akhir skripsi dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: regulasi diri, prokrastinasi tugas akhir skripsi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13345

Actions (login required)

View Item View Item