KENDALA PEMBIASAAN NILAI- NILAI NASIONALISME DI SD NEGERI MINOMARTANI I KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Dhafid Dwi, Prabowo (2015) KENDALA PEMBIASAAN NILAI- NILAI NASIONALISME DI SD NEGERI MINOMARTANI I KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru di SD Negeri Minomartani I Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman dalam pembiasaan nilai-nilai nasionalisme. Kendala yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah kendala pembiasaan nilai-nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran di SDN Minomartani I Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas tiga, guru kelas enam, perwakilan siswa kelas tiga dan kelas enam SD Negeri Minomartani I Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala pembiasaan nilai-nilai nasionalisme yang dihadapi guru di SD Negeri Minomartani I di dalam kegiatan pembelajaran terdiri dari, 1) kurangnya kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme, seperti disiplin, tanggungjawab, toleransi dan kejujuran 2) beban kurikulum yang harus diajarkan guru terlalu banyak dan tidak semua materi pelajaran dalam kurikulum memuat nilai-nilai nasionalisme dan 3) ketersediaan sarana dan prasarana untuk mendukung pembiasaan nilai-nilai nasionalisme yang kurang memadai, yang meliputi ruang perpustakaan, ketersediaan media pembelajaran, dan ruangan dan peralatan latihan menari tari daerah, sedangkan kendala pembiasaan nilai-nilai nasionalisme di luar kegiatan pembelajaran meliputi, 1) kurangnya dukungan dan perhatian dari oran tua siswa untuk membiasakan nilai-nilai nasionalisme pada anak dan 2) dampak negatif pengaruh perkembangan teknologi yang melunturkan nilai-nilai nasionalisme. Kata kunci : kendala pembiasaan nilai-nilai nasionalisme

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

View Item View Item